25 Desember, 2009

Psikolog, tempat curhat

Tugas seorang Psikolog
Membantu menangani problem yang berkaitan dengan psikis seseorang. Psikis adalah apa pun yang ada di dalam jiwa atau diri manusia, diantaranya pikiran, emosi, dan tingkah laku. Hal-hal tersebut yang menjadi fokus pembahasan psikolog

Bedanya dengan psikiater?
Pada dasarnya, psikolog dan psikiater sama2 menangani masalah klinis jiwa manusia. Tapi, kalau psikiater penanganannya lebih ke kasus-kasus klinis dengan tingkatan lebih berat dan membutuhkan obat2an. Sedangkan psikolog hanya memberikan psiko therapy. Selain psikiater, psikolog juga bekerja sama dengan neurolog. Karena,tak jarang masalah2 yang berkaitan dengan emosi ataupun pikiran berhubungan dengan neurofaal atau masalah syaraf.

Biasanya jenis psiko therapy apa yang dilakukan?
Ada beberapa jenis psiko therapy, salah satunya adalah cognitif behaviour modifications, dimana tujuannya mengubah skema berpikir seseorang dengan mengubah cara berpikir dan kebiasaannya.

Tantangannya?
Saat menghadapi pasien yang ingin berubah tapi tak mau mengubah diri. Di sinilah kita harus berusaha bagaimana caranya mengubah cara berpikir dan kebiasaan pasien tersebut. Karena, ada hal-hal yang harus dilakukan secara konsisten untuk mengubahnya.

Syarat menjadi psikolog?
Menyelesaikan pendidikan Sarjana Psikologi, lalu dilanjutkan dengan Magister Profesi Psikologi dan memiliki surat izin praktik dari HIMSI(Himpunan Sarjana Psikologi Indonesia). Bila baru menyelesaikan pendidikan S1, belum boleh melakukan pemeriksaan psikis

1 komentar:

d3vy mengatakan...

mba hani psikolog?
*siyap2ndaptarcurhat* (goodluck)

Template by:
Free Blog Templates